Penyembuhan Holistik Reiki Telpon : 089637681984 - BBM : 53655E96
Send

Apa Itu Reiki ?

Reiki-Kesehatan-HolistikEnergi Ilahi atau REIKI adalah energi alam atau energi  semesta. Reiki diciptakan oleh Master Usui. Sejarah singkatnya sebagai berikut. Suatu ketika Usui mengikuti Vipasana, tradisi retret para pendeta Budha, budhisme. Beliau mengikuti selama 21 hari. Sepanjang hari meditasi duduk diam. Hanya istirahat saat makan dan buang air kecil/besar dan mandi.

Setelah genap 21 hari , beliau pulang kembali ke rumahnya. Saat dalam perjalanan pulang, kakinya tersandung batu. Dan tanpa sadar, sebagaimana kita juga sering lakukan, ia mengusap kaki berdarah akibat batu. Ada keajaiban terjadi, lukanya sembuh seketika. Kemudian ia melanjutkan perjalanan. Dalam perjalanannya, ia ketemu dengan seorang wanita yang jatuh dan luka. Tanpa disengaja, ia membantu dan menyentuh bagian yang luka. Kembali peristiwa ajaib terjadi. Luka pada si wanita juga sembuh.

Dari sini kita bisa mengamati bahwa saat Master Usui menyentuhkan tangannya, ia tidak sengaja. Tiada sedikitpun keinginan untuk menyembuhkan. Ia melakukanya dengan tulus tanpa niat menyembuhkan. Inilah yang disebut NO MIND. NO MIND berarti tanpa keinginan yang bersifat untung rugi. Ia melakukan dengan tanpa pamrih. Inilah prinsip orisinil dari Reiki Usui.

Anand-Krishna

Anand Krishna

Oleh Bapak Anand Krishna kemudian diberikan nama sebagai Neo Zen Reiki. Reiki berdasarkan prinsip Zen sebagaimana Vipasana yang dilakukan oleh penemunya Master Usui. Ini untuk membedakan dengan reiki yang sekarang bertebaran di banyak pelosok negeri ini.

Penggunaan pikiran akan mengambat aliran energi semesta melalui tubuh kita. So, dalam hal ini tubuh kita hanya sebagai media aliran energi semesta. Demikian juga si pasien harus dalam keadaan rileks dan santai. Mata ditutup sambil menikmati guyuran energi penyembuhan semesta yang mengalir selama proses terapi.

Master Usui

Master Usui

Seorang yang melakoni reiki seharusnya hanya berperan sebagai saluran bukan penyembuh. Dalam hal ini yang membedakan Neo Zen Reiki dan tenaga dalam. Para ahli tenaga dalam sering melakukan imajinasi saat penyembuhan. Ia menggunakan energi dalam dirinya. Tenaga dalam memiliki keterbatasan, sedangkan  Energi Ilahi atau Reiki tanpa batas.

Penempatan diri dalam hal peran ini sangat penting. Saat kita seorang pe-reiki mengaku penyembuh, saat itu ia memiliki sumber daya energi terbatas. Ia merasa bahwa ia yang menyembuhkan seseorang yang sedang mengalami penderitaan atau sakit. So, pe-reiki bukanlah berperan sebagai sosok yang transfer energi. Ini yang bedakan antara tenaga dalam dan reiki.

Sebaliknya, saat pe-reiki menempatkan diri sebagai alat Nya, ia hanya sebagai pipa saluran, maka energi yang mengalir melalui dirinya tidak terbatas. Selain dalam hal kuantitas, kualitasnya pun berbeda. Reiki singkatan kata Rei yang berarti Ilahi dan Ki yang dalam bahasa China disebut sebagai ‘Chi’ berarti energi. So, bagaimana bisa seorang yang menempatkan peran diri sebagai saluran memiliki kehendak? Ia hanya cukup membuka diri, dan aliran pun terjadi melalui dirinya ke arah si pesien.